Speaker
Description
Inovasi produk merupakan hasil dari berbagai macam proses yang digabungkan dan saling mempengaruhi antara satu dengan yang lain yang bertujuan untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Melalui inovasi produk diharapkan konsumen akan tetap membeli dan setia, terutama pada era persaingan usaha. Oleh karenanya penelitian tentang inovasi produk menjadi sangat penting, khususnya pada usaha-usaha yang sedang marak berdiri di seluruh penjuru tanah air, yaitu usaha coffee shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variable-variabel yang mempengaruhi inovasi produk coffee shop di Kota Cirebon. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Januari-April 2022 dan menggunakan desain penelitian kuantitatif. Metode penetilian dengan teknik survei dan populasi penelitiannya adalah konsumen coffee shop di Kota Cirebon. Teknik penentuan besar sampel berdasarkan angka loading factor sebesar 0,65 sehingga jumlah sampel ditetapkan sebesar 70 responden. Teknik analisis data menggunakan instrument Structural Equation Model (SEM) dengan aplikasi AMOS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variable timing inovasi berpengaruh langsung terhadap inovasi produk coffee shop, sedangkan variable kompetensi manajerial, kompetensi sumberdaya manusia, kepemilikan fasilitas R & D, dan jaringan system informasi tidak berpengaruh terhadap inovasi produk coffee shop di Kota Cirebon. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi pelaku usaha coffee shop dalam rangka mengembangkan inovasi produk guna memenangkan persaingan usaha secara sehat.
Keywords
cirebon; coffee shop; inovasi produk; konsumen; persaingan
Scientific field | Agribisnis |
---|