Speaker
Description
Upaya peningkatan perekonomian masyarakat dan pemanfaatan buah naga out offgrade maka Pemerintah Daerah Nagari dan kelompok Al-Barokah berkeinginan untuk melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis riset yaitu diversifikasi olahan buah naga. Inovasi dapat dilakukan melalui diversifikasi olahan buah naga menjadi minuman biofruit yang berkhasiat untuk kesehatan (minuman Albrobiofruit). Penting adanya strategi untuk mengenalkan dan memasarkan produk. Riset ini bertujuan untuk menganalisis segmentasi, target dan posisi pasar produk minuman buah naga, serta mengukur indeks kepuasan konsumen terhadap atribut produk. Responden ditentukan secara purposive sebanyak 111 orang. Metode analisis yang diterapkan yaitu metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen, mendeskripsikan Segmentation, Targeting, dan Positioning (STP) dan selanjutnya menentukan strategi untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk minuman Albrobiofruit. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kepuasan konsumen diperoleh dari hasil perhitungan CSI sebesar 82,89% yang menggambarkan tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut kualitas produk Albrobifruit termasuk dalam kategori “sangat puas”. Penetapan Segmentation, Targeting, dan Positioning didasarkan pada karakteristik demografis dan penilaian konsumen. Rumusan Strategi Pemasaran yang terbentuk dari hasil analisis terhadap produk Albrobiofruit yaitu meningkatkan promosi produk agar diketahui oleh semua kalangan, menjaga kualitas produk dan memberikan pelayanan yang baik. Selain itu, penting dilakukan upaya untuk menjalin dan mempertahankan kerjasama dengan pihak pemerintah dan swasta untuk mendukung promosi produk.
Keywords
indeks kepuasan konsumen, promosi produk, albrobiofruit
Scientific field | Agribisnis |
---|